Contoh Makalah ISLAM DAN PENDIDIKAN BUDAYA ISLAM PADA ANAK USIA DINI Jilid 1
ISLAM DAN PENDIDIKAN BUDAYA ISLAM
PADA ANAK USIA DINI
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah Subhanau Wata’ala,
yang selalu memberikan hidayah dan inayahNya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar, dengan judul “ISLAM DAN PENDIDIKAN
BUDAYA ISLAM PADA ANAK USIA DINI”.
Penulis menyadari bahwa dalam makalah ini masih jauh dari
sempurna. Dengan segala keterbatasan yang ada ini, penulis, sangat mengharapkan
kritik dan saran yang konstruktif dan inovatif dari berbagai pihak demi
perbaikan dimasa yang akan datang. Atas segala saran dan bantuan dari berbagai
pihak, penulis ucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT memberikan balasan yang
setimpal sehingga kita selalu berada dalam keadaan yang diridhoi-Nya, Amin.
Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi
penulis dan bagi siapa saja yang merasa dapat manfaatnya, khususnya para
pendidik anak usia dini.
Pontianak, November 2014
Penulis
Daftar Isi
Kata Pengantar
……………………………………………………………………. i
Daftar Isi
……………………………………………………………………. ii
A.
BAB I PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Masalah ……………………………………………… 1
2.
Rumusan Masalah …………………………………………………… 2
3.
Tujuan Penulisan …………………………………………………… 2
4.
Manfaat Penulisan …………………………………………………… 2
B.
BAB II PEMBAHASAN
1.
Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini ………………………….. 4
2.
Apakah Yang Dimaksud Dengan Islam? …………………………6
3.
Pendidikan Budaya Islam …………………………………6
4.
Cara Penerapan Budaya Islam Kepada Anak Usia Dini …..7
5.
Pandangan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini …… 7
C.
BAB III PENUTUP
1.
Kesimpulan ………………………………. 8
2.
Saran ………………………. 8
DAFTAR
PUSTAKA ………………………. 9
BAB
1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Sebuah
hadits Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam jika kita artikan bahwa seorang anak
yang lahir ke dunia ini seperti kertas putih. Anak tersebut akan menjadi anak orang
Majusi atau orang Yahudi, tergantung oleh pendidikan yang diperoleh dari kedua
orang tuanya. Selain dari didikan kedua orang tuanya, peran lingkungan juga sangat
mempengaruhi. Pendidikan bagi seorang anak itu dibagi tiga bagian, yaitu
pendidikan informal, formal, dan non formal. Pendidikan untuk anak usia dini
juga sangat penting dalam pembentukan karakter pada anak.
Menurut
Agama Islam pendidikan anak dimulai sejak anak dalam kandungan ibunya.
Contohnya seorang ibu disarankan banyak membaca ayat suci Al-Qur’an, dan
dinasehatkan banyak berbuat kebajikan. Pada waktu ibu mengandung dianjurkan
bayi yang masih dalam kandungan di dengarkan lagu-lagu yang Islami, hal itu
akan mempengaruhi karakter anak jika kelak ia dewasa nanti itu merupakan bukti,
bayi dalam kandungan terdidik dengan baik. Rasululloh SAW juga telah
berpesan “Didiklah anak-anakmu sesuai zamannya karena kelak akan hidup pada
zaman yang berbeda dengan dirimu“. Begitu juga dengan Umar bin Khattab
"Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya karena mereka hidup di
generasinya, bukan pada zaman di mana engkau dididik" (Umar Ibn Khotob).
Pada
saat lahir, oleh ayahnya dikumandangkan suara adzan suara ini adalah
suara pertama kali yang dia dengar dan diharapkan kelak dia dewasa
anak tergerak jika mendengar adzan dan melaksanakan sholat. Pada usia dini
merupakan masa-masa Golden Age, pada masa golden age berumur 0-6 tahun pada
masa ini otak anak berkembang 80%. Pada masa ini pula anak-anak mudah dibentuk
oleh karena itu Anak perlu dibimbing dengan cara yang baik dan sesuai dengan
usianya, agar nantinya dia menjadi anak yang unggul dalam agama maupun
intelektualnya.
Oleh
Karena itu peran pendidik dan orang tua dalam mendidik anak sangat penting.
Orang tua dan pendidik harus melihat potensi anak yang dimilikinya dan orang
tua maupun pendidik harus membantu mengembangkan potensi yang dia miliki, dan
jangan sampai orang tua memaksa kehendak pada anaknya.
B. Rumusan Masalah
- Apakah hakikat pendidikan anak usia dini?
- Apakah yang dimaksud dengan Islam?
- Apakah pendidikan budaya Islam?
- Bagaimanakah cara penerapan budaya Islam kepada anak usia dini?
- Bagaimana pandangan Islam terhadap pendidikan anak usia dini?
C. Tujuan Penulisan
1.
Menjelaskan pengertian PAUD
2.
Mampu menjelaskan hakikat pendidikan anak usia dini dan
Islam, pendidikan budaya Islam, cara
penerapan budaya Islam kepada anak usia dini, dan pandangan Islam tentang anak
usia dini.
D.
Manfaat
Penulisan
Dengan
mempelajari materi pendidikan anak usia dini dan pandangan Islam tentang anak,
kita jadi mengetahui banyak hal mengenai pendidikan anak usia dini dan
pandangan Islam tentang anak, selain itu manfaat yang diperoleh yaitu kita
dapat mengetahui perkembangan anak usia dini dan kita dapat memberikan
stimulus-stimulus yang tepat pada anak usia dini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar