Jumat, 28 November 2014

MAKALAH ISLAM DAN PENDIDIKAN BUDAYA ISLAM PADA ANAK USIA DINI: ELSA HARIANI F, S.Pd.Aud Jilid 1


Contoh Makalah ISLAM DAN PENDIDIKAN BUDAYA ISLAM PADA ANAK USIA DINI Jilid 1

 

ISLAM DAN PENDIDIKAN BUDAYA ISLAM

PADA ANAK USIA DINI

 

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah Subhanau Wata’ala, yang selalu memberikan hidayah dan inayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar, dengan judul “ISLAM DAN PENDIDIKAN BUDAYA ISLAM PADA ANAK USIA DINI”.
Penulis menyadari bahwa dalam makalah ini masih jauh dari sempurna. Dengan segala keterbatasan yang ada ini, penulis, sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dan inovatif dari berbagai pihak demi perbaikan dimasa yang akan datang. Atas segala saran dan bantuan dari berbagai pihak, penulis ucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT memberikan balasan yang setimpal sehingga kita selalu berada dalam keadaan yang diridhoi-Nya, Amin.
Penulis berharap makalah ini dapat  bermanfaat bagi penulis dan bagi siapa saja yang merasa dapat manfaatnya, khususnya para pendidik anak usia dini.
                                                                                     Pontianak,     November 2014

                                                                                                       Penulis

Daftar Isi
Kata Pengantar ……………………………………………………………………. i
Daftar Isi ……………………………………………………………………. ii
A.     BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang Masalah ……………………………………………… 1
2.      Rumusan Masalah …………………………………………………… 2
3.      Tujuan Penulisan …………………………………………………… 2
4.      Manfaat Penulisan …………………………………………………… 2

B.     BAB II PEMBAHASAN
1.      Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini ………………………….. 4
2.      Apakah Yang Dimaksud Dengan Islam? …………………………6
3.      Pendidikan Budaya Islam …………………………………6
4.      Cara Penerapan Budaya Islam Kepada Anak Usia Dini …..7
5.      Pandangan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini …… 7

C.     BAB III PENUTUP
1.      Kesimpulan ………………………………. 8
2.      Saran ………………………. 8
DAFTAR PUSTAKA ………………………. 9

BAB 1
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah
Sebuah hadits Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam jika kita artikan bahwa seorang anak yang lahir ke dunia ini seperti kertas putih. Anak tersebut akan menjadi anak orang Majusi atau orang Yahudi, tergantung oleh pendidikan yang diperoleh dari kedua orang tuanya. Selain dari didikan kedua orang tuanya, peran lingkungan juga sangat mempengaruhi. Pendidikan bagi seorang anak itu dibagi tiga bagian, yaitu pendidikan informal, formal, dan non formal. Pendidikan untuk anak usia dini juga sangat penting dalam pembentukan karakter pada anak.
Menurut Agama Islam pendidikan anak dimulai sejak anak dalam kandungan ibunya. Contohnya seorang ibu disarankan banyak membaca ayat suci Al-Qur’an,  dan dinasehatkan banyak berbuat kebajikan. Pada waktu ibu mengandung dianjurkan bayi yang masih dalam kandungan di dengarkan lagu-lagu yang Islami, hal itu akan mempengaruhi karakter anak jika kelak ia dewasa nanti itu merupakan bukti,  bayi dalam kandungan terdidik dengan baik. Rasululloh SAW juga telah berpesan “Didiklah anak-anakmu sesuai zamannya karena kelak akan hidup pada zaman yang berbeda dengan dirimu“. Begitu juga dengan Umar bin Khattab "Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya karena mereka hidup di generasinya, bukan pada zaman di mana engkau dididik" (Umar Ibn Khotob).
Pada saat  lahir, oleh ayahnya dikumandangkan suara adzan suara ini adalah suara pertama  kali yang  dia dengar dan diharapkan kelak dia dewasa anak tergerak jika mendengar adzan dan melaksanakan sholat. Pada usia dini merupakan masa-masa Golden Age, pada masa golden age berumur 0-6 tahun pada masa ini otak anak berkembang 80%. Pada masa ini pula anak-anak mudah dibentuk oleh karena itu Anak perlu dibimbing dengan cara yang baik dan sesuai dengan usianya, agar nantinya dia menjadi anak yang unggul dalam agama maupun intelektualnya.  
Oleh Karena itu peran pendidik dan orang tua dalam mendidik anak sangat penting. Orang tua dan pendidik harus melihat potensi anak yang dimilikinya dan orang tua maupun pendidik harus membantu mengembangkan potensi yang dia miliki, dan jangan sampai orang tua memaksa kehendak pada anaknya.

B.     Rumusan Masalah
  1. Apakah hakikat pendidikan anak usia dini?
  2. Apakah yang dimaksud dengan Islam?
  3. Apakah pendidikan budaya Islam?
  4. Bagaimanakah cara penerapan budaya Islam kepada anak usia dini?
  5. Bagaimana pandangan Islam terhadap pendidikan anak usia dini?
C.     Tujuan Penulisan
1.      Menjelaskan pengertian  PAUD
2.      Mampu menjelaskan hakikat pendidikan anak usia dini dan Islam,  pendidikan budaya Islam, cara penerapan budaya Islam kepada anak usia dini, dan pandangan Islam tentang anak usia dini.

D.    Manfaat Penulisan
Dengan mempelajari materi pendidikan anak usia dini dan pandangan Islam tentang anak, kita jadi mengetahui banyak hal mengenai pendidikan anak usia dini dan pandangan Islam tentang anak, selain itu manfaat yang diperoleh yaitu kita dapat mengetahui perkembangan anak usia dini dan kita dapat memberikan stimulus-stimulus yang tepat pada anak usia dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar